KABAR GEMBIRA..!!

April 22, 2015
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap individu Muslim. Dengan pendidikan seseorang akan selamat dari kebodohan dan ketertinggalan sehingga ia dapat mengikuti perkembangan zaman dimana ia hidup di dalamnya. Rasululloh shallallahu 'alayhi wa sallam menekankan di dalam sabdanya bahwa menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. Dengan pendidikan pula Allah subhanahu wa ta'ala akan meninggikan derajat hamba-hamba-Nya.

Tentu tidak sama antara orang yang menempuh pendidikan dengan orang yang tidak menempuh pendidikan, orang yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 dengan orang yang hanya lulus SMA saja. Dan seterusnya. Dalam proses dan perjalanan menuntut ilmu, Allah akan memudahkan hamba-Nya untuk mendapat Surga. Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju Surga." (HR. Muslim).

Menjadi da'i adalah pilihan yang sangat brilian. Da'i adalah profesi terbaik sepanjang masa. Tak ada yang melebihi keutamaan menjadi seorang da'i. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam QS. Fushilat: 33 yang artinya; "Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang-orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata 'Sungguh aku termasuk orang-orang yang berserah diri'." Para Nabi dan Rasul menjadi mulia karena telah dipilih Allah sebagai da'i yang menyampaikan risalah.

Berda'wah adalah kewajiban dari Allah untuk setiap Muslim berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala QS. Ali Imran: 104 yang artinya: "Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh berbuat yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." Menurut Ibnu Katsir rahimahullah ayat tersebut menunjukkan wajib adanya orang-orang yang berda'wah kepada Allah. Syaikh bin Baz rahimahullah juga mengatakan, "Ketika jumlah da'i sedikit, sedangkan kemungkaran mendominasi, maka da'wah menjadi wajib atas setiap individu muslim sesuai dengan kemampuannya."

Sesuai dengan kemuliaannya, pahala yang akan diperoleh sang da'i pun sangat besar dan melimpah. Satu orang saja mendapat petunjuk dari Allah atas usaha/perantara sang da'i, maka itu lebih baik dari unta merah (baca: harta terbaik dunia) dan setiap gerak serta diamnya orang yang mendapat petunjuk tersebut akan mengalirkan pahala bagi sang da'i. Da'wah adalah salah satu sebab keberuntungan bagi pelaksananya. Orang yang berdakwah pun adalah orang-orang terbaik yang dipilih untuk manusia (Lihat QS. Ali Imran: 110). Serta masih banyak keutamaan yang lainnya.

Kabar gembira… :):)

klik di sini...!!



Artikel Terkait

Previous
Next Post »