Malam Jum'at, Baca Surah Yasin atau Al Kahfi..??

Desember 10, 2015
   
Alhamdulillah hari Jum’at kembali hadir mengisi waktu kita. Semoga Alloh subhanahu wa ta'ala senantiasa membimbing kita dalam menempuh perjalanan hidup menuju kepada-Nya.

Pada malam dan hari Jum’at, kaum Muslimin dianjurkan untuk memperbanyak shalawat kepada Nabi shollallohu ‘alayhi wa sallam. Barang siapa yang bersholawat kepada Nabi satu kali, maka Alloh akan bersholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali. Di samping itu, kita juga dianjurkan untuk membaca satu surah dalam Al Qur’an, yaitu Surah Al Kahfi. Alloh subhanahu wa ta’ala akan memberikan cahaya bagi siapa saja yang membaca surah Al Kahfi pada malam atau hari Jum’at. Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam bersabda:
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Beliau juga bersabda:
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).

Jadi yang disunnahkan adalah membaca surat Al Kahfi. Ini bisa dikerjakan pada malam Jum'at atau pada hari Jum'at. Adapun membaca surat Yasin dengan mengkhususkan di hari Jum'at dan meyakini ada keutamaan tertentu, maka ini membutuhkan dalil. Dan ternyata dalil-dalil tentang keutamaan membaca surat Yasin pada malam atau hari Jum'at adalah lemah, bahkan banyak hadits palsunya.

Marilah kita hiasi hari-hari kita dengan amal shalih. Semoga Alloh meridhoi kita semua dan memasukkan kita ke dalam Surga-Nya. Aamiin..

Artikel lainnya:
HASMI Membuka Pendaftaran Keanggotaan
Selayang Pandang HASMI
Memperbanyak Shalawat Kepada Nabi

 MIZAR





Artikel Terkait

Previous
Next Post »