Kenapa Kita Perlu Membicarakan Tema Ini..??

Oktober 21, 2016

Ilmu syar’i adalah ilmu tentang ajaran Agama Islam yang benar berdasarkan al Qur’an dan As-Sunnah. Ilmu yang setiap manusia diperintahkan untuk mempelajarinya sampai akhir hayatnya. Ilmu yang akan mengantarkan pemiliknya pada kebahagiaan dunia dan akhirat dengan syarat mengamalkan apa yang diketahuinya. Ilmu yang membedakan kedudukan seorang hamba di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Setiap Muslim harus memiliki ghirah/ semangat untuk menuntut ilmu syar’i. Semangat itu harus terus dipupuk dari waktu ke waktu. Dibicarakan dalam pertemuan-pertemuan rutin dan ditanamkan dalam diri-diri kaum Muslimin. Dengan harapan semoga kita semua dapat lebih bersemangat dalam meraih kebaikan dari amal menuntut ilmu ini.

Kenapa kita perlu berbicara tentang motivasi belajar ilmu Syar’i..??
1. Karena kita berada di zaman yang semangat thalabul ilminya sudah mati, maka keinginan belajar semakin lemah dan kemauan untuk belajar dan mengajarinya semakin menurun.
2. Karena ilmu ini termasuk bagian dari Syari’at Allah. Juga warisan para Nabi yang diberikan kepada kita. Adalah hak beliau pada kita untuk menjaga warisannya dari kebinasaan dan kemusnahan. Semua ini tidak bisa dilakukan kecuali dengan mempelajari ilmu Syar’i dan meraihnya.
3. Karena pemuda-pemuda masa kini sekarang sudah terjerat dakwah penyesatan. Mengajak untuk menyepelekan ilmu Syar’i dan berpaling darinya. Ia mendorong untuk memberikan perhatian dan sibuk dengan urusan-urusan yang sepele dan tidak bermanfaat.
4. Sebagaimana diserukan oleh dalil-dalil Al Qur’an dan Sunnah. Dan inilah jalan para ulama salafush shalih. Mereka adalah orang-orang yang berhasil dan berbahagia di dunia dan Akhirat. Dan tidak akan menjadi baik permasalahan ummat sekarang ini, kecuali dengan apa yang membuat generasi pertama menjadi baik.
5. Karena para ulama yang rabbaniyyin adalah pemimpin umat dan panglimanya. Mereka adalah bintang dan lampu yang menerangi jalan umat.
6. Karena banyak pemuda kebangkitan Islam yang mulia ini memiliki semangat dan motivasi beramal untuk tujuan agamnya. Ini adalah sesuatu yang baik dan terpuji.

 Manfaat Luar Biasa dari Mizar

 Program Pesantren Intensif Dua Bulan

Baca juga artikel menarik berikut ini:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »