Inilah Jawaban Mengapa Puasa Syawal Sama Dengan Puasa Satu Tahun

Juni 25, 2017

Inilah Jawaban Mengapa Puasa Syawal Sama Dengan Puasa Satu Tahun

Jadikan hari-hari kita bernilai ibadah puasa selama satu tahun, yaitu dengan cara kita sempurnakan ibadah shoum Ramadhan ini, setelah hari Raya Idul Fitri kita lanjutkan dengan puasa sunnah enam  hari di bulan Syawal. Disebutkan dalam sebuah hadist shahih:
مَنْ صَا مَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالِ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah dia berpuasa sepanjang tahun. (HR. Muslim, 1164)

Puasa Ramadhan dilanjutakn puasa sunnah enam hari di bulan Syawal dikatakan seperti puasa satu tahun penuh karena satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipatnya. Puasa bulan Ramadhan sebanding dengan puasa sepuluh bulan dan puasa enam hari Syawal sebanding dengan puasa dua bulan. Jadi, jumlahnya sebanyak dua belas bulan (satu tahun). Sebagaimana dalam hadits Tsaubah dari Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam, beliau bersabda:
مَنْ صَا مَ رَمَضَانَ فَشَهْرٌ بِعَشْرَةِ أَشْهُرٍ وَصِيَامُ سِتَّتِ أَيَّامٍ بَعْدَ الفِطْرِفَذَالِكَ تَمَامُ صِيَامِ السَّنَةِ
“Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sebanding dengan sepuluh bulan, ditambah puasa enam hari setelah Idul Fitri, berarti genap berpuasa satu tahun penuh.” (Shahih, diriwayatkan oleh Ahmad, an-Nasa’I dalam al-Kubra dan Ibnu Majah)

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah mengataka, “Jika Anda telah berpuasa selama sebulan Ramadhan lalu berpuasa selama enam hari setelah itu di bulan Syawal, maka seakan-akan Anda telah berpuasa sepanjang masa”. (Syarah Kitab Riyadhushshalihin, bab Anjuran Puasa Enam Hari di Bulan Syawal) 

Semoga bermanfaat..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »