METODE BELAJAR YANG BAIK

Januari 12, 2014
Untuk mendapat hasil yang memuaskan dalam proses belajar, seseorang perlu mengetahui metode atau cara belajar yang baik. Dengan metode yang baik dan tepat, maka insya Alloh seorang penuntut ilmu akan mendapatkan keberhasilan dalam menempuh pendidikannya. Berikut ini saya salinkan metode belajar yang baik sebagai panduan kita dalam belajar. Ikuti yuuk... semoga bermanfaat..

A.      MEMBACA

Membaca adalah kemampuan dasar yang dapat membantu Anda untuk memahami pelajaran. Dengan banyak membaca Anda akan semakin banyak menyerap pengetahuan, wawasan dan kosa kata. Ada beberapa petunjuk yang harus Anda perhatikan di dalam aktivitas belajar. Di antaranya:
1.      Bacalah pelajaran terlebih dahulu, sekali dua kali atau lebih. Di sini di perlukan perhatian yang serius dan kehati-hatian anda dalam membaca.
2.      Tulislah kalimat-kalimat atau rangkaian kata yang belum Anda mengerti pada buku catatan dan carilah keterangan melalui literature yang dimiliki atau Tanya langsung, melalui surat/telepon/fax kepada ahlinya.
3.      Kembangkanlah satu rangkaian kalimat yang difahami dengan keterangan-keterangan yang pernah didengar, dibaca dan dipelajari, atau pemahaman-pemahaman yang pernah diketahui dengan membuat pertanyaan-pertanyaan pokok, antara lain: dimana, kapan, apa, bagaimana, kenapa, siapa dan lain-lain.


B.     MENULIS

Tulisan merupakan modal penting dalam belajar. Anda harus rajin menulis setiap hari dari pelajaran-pelajaran yang telah Anda terima dengan memuat materi-materi penting, membaca disertai menulis membantu anda untuk lebih memahami pelajaran. Cobalah Anda memiliki dua buku catatan, pertama untuk menulis keterangan dalil satu masalah (Al-Qur’an dan haditsnya) dan yang kedua sebagai catatan materi-materi pokok dan isi.

C.     MENGHAFAL

Menghafal sangat penting dalam menentukan kesulitan belajar. Untuk itu kita harus berusaha mengatur situasi-situasi dan kondisi yang dapat memudahkan kita untuk menghafal pelajaran. Di antaranya:
1.      Tentukanlah waktu dan kondisi yang baik untuk menghafal seperti menjelang subuh, di dalam masjid atau di dalam kamar belajar yang memenuhi syarat.
2.      Hafalah ayat-ayat penting atau hadits-hadits yang shahih dalam satu masalah secara lengkap. Artinya himpunlah ayat-ayat atau hadits dalam satu bahasa tersebut pada buku catatan, lalu urutlah untuk menghafalnya.

Untuk memahami dan memantapkan pemahaman pada pelajaran, maka hal-hal di bawah ini perlu dijadikan acuan:

·         Kebenaran sumber, artinya agama bersumber dari al Qur’an dan Sunnah. Maka untuk menentukan tepat atau tidaknya satu keputusan masalah, harus dipertanyakan dalil kebenarannya dalam al Qur’an dan Sunnah (surat apa dan ayat berapa/riwayat apa dan shahih atau tidak)

·         Kebenaran faham. Artinya bahwa untuk memahami agama secara tepat dan benar, kita harus meruju’ kepada bagaimana para shahabat Nabi sholallohu 'alayhi wa sallam yang mengalami langsung kebenara (al Qur’an dan Sunnah) itu memahami kandungan al Qur’an dan Sunnah tersebut, maka carilah rujukan pemahaman mereka dengan baik dan benar.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
12 Januari 2014 pukul 03.31 delete

Metode ini membantu banyak orang untuk menghafal Al-Qur'an. Al-qur'an sangat baik di hafal , karena bisa membuat ingatan kita menjadi kuaat. coba baca biografi Amar Bugis. beliau sudah hafal 30juz al-qur'an saat usia beliau 13 tahun, sekarang beliau adalah orang besar yang luar biasa dan di kenal seluruh dunia. Subhanallah sahabat ,dengan kekurangan beliau bisa menjadi seperti itu, ayo mulai hafal al-qur'an, kita belum terlambat . masih banyak hal yang harus kita capai

Reply
avatar
HASMI-ku
AUTHOR
12 Januari 2014 pukul 05.46 delete

Jazakumullah khoiran..

Reply
avatar