Urgensi Negara Bagi Kelangsungan Agama Islam

April 14, 2015

Beliau (Ust. Dr. M. Sarbini, M.H.I) juga menyampaikan tentang urgensi negara bagi kelangsungan Agama Islam. Di antaranya:
Bismillah...
Salah satu kegiatan rutin mahasiswa PPDN (Program Pendidikan Da'i Nusantara) adalah SG (Stadium General). Pada senin malam, Pukul 20.00 wib di masjid Abdurrahman Ma'had Huda Islami telah terlaksana SG dengan tema "Negara Islam" yang disampaikan oleh Ust. Dr. Muhammad Sarbini, M.H.I. 
Inilah beberapa point yang disampaikan oleh Ust. Dr. M. Sarbini, M.H.I pada pertemuan malam tadi:

DEFINISI NEGARA ISLAM:
Negara Islam adalah “Negara yang menegakkan syari’ah tauhid (Syari’ah Islam) sebagai satu-satunya syari’ah yang dijadikan pedoman dan payung hukum di negara tersebut”. Penegakan syari’ah yang dimaksud adalah “Penegakkan secara menyeluruh di seluruh bidang kehidupan” 

Sedangkan negara non Islam adalah “Negara yang menegakkan selain hukum Alloh pada batas teritorial kekuasaannya, baik sebagai satu-satunya hukum maupun sebagai pendamping hukum Alloh, terlepas dari agama penguasanya atau mayoritas penduduknya”. Kenon-Islaman sebuah negara *(dengan kata lain, Negara yang tidak berhukum dengan hukum Islam), tidak sama sekali menunjukkan kekafiran penduduknya, hal ini mempunyai tafsil (rincian) yang luas.

Beliau (Ust. Dr. M. Sarbini, M.H.I) juga menyampaikan tentang urgensi negara bagi kelangsungan Agama Islam. Di antaranya:

  1. Islam mempunyai hukum-hukum yang penegakkannya memerlukan kekuatan sulthon (Imam) dan penegakkan hukum-hukum Alloh adalah hak dari hak-hak uluhiyyah, yaitu hak-hak tauhid
  2. Islam mewajibkan amar ma’ruf nahi munkar. Banyak sekali pasal-pasal dari kewajiban ini yang tidak mungkin dilakukan tanpa imam (Negara). kalau kewajiban ini ditinggalkan, terjadilah kerusakan yang berat sekali dalam kehidupan dunia dan kehidupan beragama.
  3. Negara Islam berkewajiban melindungi kaum muslimin dari gangguan dan serangan kaum kafir yang memang sangat membenci mereka. Kalau negara Islam tidak ada, maka kaum kafir yang mempunyai negara itu akan dengan mudah menghancurkan kaum muslimin, baik dari segi keagamaan mereka maupun dari segi fisik mereka.
Tentu bukan hanya itu yang disampaikan oleh beliau dalam pertemuan malam tadi, masih banyak lagi point-point berharga lainnya yang disampaikan, hanya saja tidak bisa dituangkan dalam tulisan ini. 

Kami akan terus menyelenggarakan program-program seperti ini agar dapat meningkatkan pengetahuan ilmiyah para mahasiswa PPDN.

PROGRAM PPDN DISELENGGARAKAN OLEH:


Kunjungi Juga yang berikut ini:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »