Shalat Di Masjid Ini Pahalanya 100 Ribu Kali Shalat di Masjid Yang Lain

September 28, 2016
    
    Siapalah kita dibandingkan dengan mereka yang setiap saat shalat di Masjidil Haram. Sekali shalat saja pahalanya sangat jauh lebih besar daripada shalat-shalat kita di masjid selainnya. Apalagi setiap saat mereka dapat shalat di masjid suci tersebut.

Masjid yang Paling Utama

Berikut ini beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan shalat di Masjidil Haram , Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha dibanding masjid-masjid lain, di antaranya.

1. Hadits pertama
Jabir radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda,
صَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ مِائَةُ أَلْفِ صَلَاةٍ، وَصَلَاةٌ فِي مِسْجِدِيْ أَلْفُ صَلَاةٍ، وَفِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ خَمْسُمِائَةِ صَلَاةٍ
“Melaksanakan shalat di Masjidil Haram (pahalanya) sebanding dengan seratus ribu kali shalat (di masjid yang lain), shalat di masjidku (masjid nabawi) pahalanya sebanding dengan seribu  kali shalat (di mesjid yang lain), sedangkan shalat di Baitul Maqdis pahalanya sebanding dengan lima ratus kali shalat (di masjid yang lain).” (HR. Bazzar, Ibnu Khuzaimah, Thabrani dan Baihaqi).

2. Hadits kedua
Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda,
صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِيْ هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِي مَا سَوَاهُ مِنَ الْمَسَاجِدِ إِلَّا الْمَسْجِدِ الْحَرَامَ، وَصَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَاَمِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةٍ فِي مَسْجِدِ هَذَا بِمِائَةِ صَلَاةٍ
“Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama seribu kali lipat daripada shalat yang dikerjakan di masjid-masjid lainnya kecuali di Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram (pahalanya) seratus kali lipat (dibandingkan dengan) shalat yang dikerjakan d masjidku ini.”  (Musnad Ahmad).

3. Hadits ketiga
Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda,
لَا تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلَّا إِلَى ثَلَاثَةٍ مَسَاجِدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِ هَذَا وَالمَسْجِدِ الْأَقْصَى
“Keadaan pembawa barang (dan orangnya) tidak perlu diistirahatkan kecuali untuk masuk ke tiga masjid: Masjidil Haram, masjidku ini (Masjid Nabawi) dan Masjidil Aqsha. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

 Program Dauroh Syari'yyah Dua Bulan, Gratis....

 Tersedia Minyak Zaitun Ruqyah (MIZAR)


Artikel Terkait

Previous
Next Post »