Tafsir Surat At-Tahrim Ayat 6 “Jagalah Diri dan Keluargamu Dari Api Neraka”

Mei 04, 2017

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَأَهۡلِيكُمۡ نَارٗا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلۡحِجَارَةُ عَلَيۡهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٞ شِدَادٞ لَّا يَعۡصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمۡ وَيَفۡعَلُونَ مَا يُؤۡمَرُونَ ٦
“Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (QS. At-Tahrim: 6)

Tafsir Ibnu Katsir:
Ali bin Abi Thalhah menuturkan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Firman-Nya; قُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَأَهۡلِيكُمۡ نَارٗا ”jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”, yakni ajarilah mereka untuk taat kepada-Nya dan tidak bermaksiat kepada-Nya. Dan perintahkanlah kepada keluarga kalian untuk berdzikir agar Allah Subhanahu wa Ta’ala menjauhkan mereka dari api neraka.

Muhajahid rahimahullah berkata, “Firman-Nya; “jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka” , yakni bertakwalah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan berwasiatlah kepada keluarga kalian agar bertakwa kepada-Nya.”

Sementara itu Qatadah rahimahullah berkata, “Hendaklah engkau memerintahkan mereka untuk taat kepada Allah dan melarang mereka untuk bermaksiat kepada-Nya. Hendaklah engkau menjalankan hukum Allah mereka, serta memerintahkan dan membantu mereka untuk melaksanakannya. Apabila engkau melihat mereka bermaksiat kapada Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka peringatkan dan laranglah mereka.”

Demikian pula yang dikatakan oleh Adh-Dhahhak dan Muqatil, “Merupakan kewajiban seorang Muslim untuk mengajari istrinya, kerabatanya, budak perempuan dan laki-lakinya, apa-apa yang diwajibkan dan dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada mereka.”

Ayat di atas semakna dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud dan At-Tirmidzi, dari Ar-Rabi’ bin Sabrah, dari bapaknya, ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam telah bersabda:
مُرُوا الصَّبِيَّ بِالصَّلَاةِ إِذَا بَلَغَ سَبْعَ سِنِيْنَ، فَإِذَا بَلَغَ عَشْرَ سِنِيْنَ فَضْرِبُوهُ عَلَيْهَا
“Perintahkanlah anak kecil untuk shalat jika telah berumur tujuh tahun. Apabila ia telah berumur sepuluh tahun, perintahlah mereka dengan pukulan.” Ini adalah lafazh Abu Dawud, dan At-Tirmidzi berkata, ‘Ini adalah hadits hasan.’” 



Artikel Terkait

Previous
Next Post »