Ancaman Bagi Orang yang Curang dalam Timbangan

Mei 10, 2014

Tafsir Surat Al Muthafifiin ayat 1-3 (Tafsir Ibnu Katsir)

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ (١)الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُونَ (٢)وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ (٣)
“Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.” (QS. Al-Muthofifin: 1-3)

An-Nasa’i dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Ketika Nabi sholallahu ‘alayhi wa sallam tiba di kota Madinah, penduduk Madinah termasuk orang yang paling curang dalam menakar, hingga Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan ayat, وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ “Celakalah bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang)!” Setelah ayat ini turun, maka mereka menakar dengan baik tanpa berlaku curang.”[1]

Maskud dari berlaku curang di sini adalah bertindak sewenang-wenang dalam takaran dan timbangan, baik dengan menambahnya jika diterima dari orang lain, maupun dengan menguranginya jika dilakukan untuk orang lain. Setelah Dia subhanahu wa ta’ala menjanjikan kerugian dan kehancuran atas mereka, yaitu dengan kata wail (celaka).

Lalu Dia menjelaskan sifat-sifat mereka, الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ “Yaitu apa-apa yang apabila menerima takaran dari manusia.” Yakni dari orang lain, يَسْتَوْفُونَ “Mereka minta dicukupkan.” Dengan kata lain mereka mengambil dan menuntut hak mereka dengan sempurna, bahkan lebih.

وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ “Dan apabila mereka menakar atau menimbang(untuk orang lain), mereka mengurangi.” Yakni tidak memenuhi hak orang lain dengan sempurna.

Sungguh Allah subhanahu wa ta’ala telah memerintahkan agar berlaku adil dalam menakar dan menimbang, sehingga Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
وَأَوْفُوا الْكَيْلَ إِذَا كِلْتُمْ وَزِنُوا بِالْقِسْطَاسِ الْمُسْتَقِيمِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلا (٣٥)
“Dan sempurnakanlah takaran apabila kalian menakar, dan timbanglah dengan neraca yang benar. Itulah yang lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS. Al-Isra: 35) 

Dan Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
وَلا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّى يَبْلُغَ أَشُدَّهُ وَأَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيزَانَ بِالْقِسْطِ لا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا (١٥٢)
“Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada sesorang melainkan sekedar kesanggupannya.” (QS. Al-An’am: 152)

Allah subhanahu wa ta’ala juga berfirman:
وَأَقِيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَلا تُخْسِرُوا الْمِيزَانَ (٩)
“Dan Tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.” (QS. Ar-Rahman: 9) Allah telah membinasakan dan menghancurkan kaum Syu’aib dikarenakan mereka mengurangi timbangan dan takaran.







[1] An-Nasa’i dalam al-Kubra (VI/508) dan Ibnu Majah (II/748). [An-Nasa’i, no. 11654 dan Ibnu Majah, no. 2223]

Artikel Terkait

Previous
Next Post »