Mengenal Hadits Qudsi

Juni 04, 2014
Hadits Qudsi

Qudsi menurut bahasa dinisbatkan kepada “Qudus” yang artinya suci, yaitu sebuah penisbatan yang menunjukkan adanya pengagungan dan pemuliaan, atau penyandaran kepada dzat Allah yang Mahasuci.
Hadits Qudsi menurut istilah adalah apa yang disandarkan oleh Nabi dari perkataan-perkataan beliau kepada Allah.


Perbedaan Antara Hadits Qudsi dengan Al-Qur’an

1.      Al-Qur’an itu lafazh dan maknanya dari Allah, sedang hadits qudsi maknanya dari Allah dan lafazhnya dari Nabi.
2.      Membaca Al-Qur’an termasuk ibadah dan mendapat pahala, sedang membaca hadits qudsi bukan termasuk ibadah dan tidak mendapat pahala.
3.      Disyaratkan mutawatir dalam periwayatan Al-Qur’an, sedang dalam hadits qudsi tidak disyaratkan mutawatir.
4.      Al-Qur’an al-Karim adalah kalam Allah yang diwahyukan kepada Rasulullah dengan lafazhnya, yang dengannya orang Arab ditantang, sedangkan hadits qudsi tidak untuk menantang dan tidak pula berfungsi sebagai mukjizat.


Perbedaan Antara Hadits Qudsi dengan Hadits Nabawi


·         Hadits Nabawi disandarkan kepada Rasulullah shalallahu ‘alayhi wa sallam dan diceritakan oleh beliau, sedang hadits qudsi disandarkan kepada Allah kemudian Rasulullah menceritakan dan meriwayatkan dari Allah. Oleh karena itu diikat dengan sebutan qudsi. Ada yang menyebutkan bahwa dinamakan hadits qudsi karena penisbatannya kepada Allah yang Mahasuci, sementara hadits nabawi disebut demikian karena dinisbatkan kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam

Artikel Terkait

Previous
Next Post »