بَابُ التَّوْبَةِ
BAB TAUBAT
قَالَ العلماءُ: التَّوْبَةُ
وَاجبَةٌ مِنْ كُلِّ ذَنْب، فإنْ كَانتِ المَعْصِيَةُ بَيْنَ العَبْدِ وبَيْنَ
اللهِ تَعَالَى لاَ تَتَعلَّقُ بحقٍّ آدَمِيٍّ فَلَهَا ثَلاثَةُ شُرُوطٍ:
أحَدُها: أنْ يُقلِعَ
عَنِ المَعصِيَةِ.
والثَّانِي: أَنْ
يَنْدَمَ عَلَى فِعْلِهَا.
والثَّالثُ: أنْ يَعْزِمَ
أَنْ لا يعُودَ إِلَيْهَا أَبَداً. فَإِنْ فُقِدَ أَحَدُ الثَّلاثَةِ لَمْ تَصِحَّ
تَوبَتُهُ.
وإنْ كَانَتِ المَعْصِيةُ
تَتَعَلقُ بآدَمِيٍّ فَشُرُوطُهَا أرْبَعَةٌ: هذِهِ الثَّلاثَةُ، وأنْ يَبْرَأ
مِنْ حَقّ صَاحِبِها، فَإِنْ كَانَتْ مالاً أَوْ نَحْوَهُ رَدَّهُ إِلَيْه، وإنْ
كَانَت حَدَّ قَذْفٍ ونَحْوَهُ مَكَّنَهُ مِنْهُ أَوْ طَلَبَ عَفْوَهُ، وإنْ
كَانْت غِيبَةً استَحَلَّهُ مِنْهَا. ويَجِبُ أنْ يَتُوبَ مِنْ جَمِيْعِ
الذُّنُوْبِ، فَإِنْ تَابَ مِنْ بَعْضِها صَحَّتْ تَوْبَتُهُ عِنْدَ أهْلِ الحَقِّ
مِنْ ذلِكَ الذَّنْبِ وبَقِيَ عَلَيهِ البَاقِي.
Para ulama menyatakan
bahwa bertaubat dari segala dosa adalah wajib. Apabila kemaksiatan (dosa)
tersebut dilakukan seorang hamba kepada Allah dan tidak ada kaitannya dengan
hak manusia, maka taubatnya ada tiga syarat yaitu:
1.
Meninggalkan kemaksiatan
tersebut.
2.
Menyesalinya.
3. Bertekad kuat untuk
tidak mengulanginya selama-lamanya. Jika salah satu syarat tersebut tidak
terpenuhi, maka taubatnya tidak sah (tidak diterima).
Alloh
Ta’ala berfirman:
قَالَ الله تَعَالَى: { وَتُوبُوا إِلَى الله جَمِيعاً أَيُّهَ
الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ } [النور: 31]
“Dan bertaubatlah kalian kepada
Allah, wahai orang-orang yang beriman supaya kalian beruntung.” [QS. an-Nur (24): 31]
Faidah-faidah
ayat:
1. Perintah
kepada seluruh kaum mukmin untuk bertaubat kepada Allah.
2. Ayat
ini menunjukkan bahawa tidak ada manusia yang terlepas dari salah dan dosa.
3. Bertaubat
akan menghantarkan keberuntungan bagi pelakunya, karna konsekwensi dari diampuninya
dosa adalah terbebas dari neraka atau masuk surga. Dan inilah hakikat dari
keberuntungan atau kemenangan.
وعن أبي هريرةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ: سمعْتُ رسولَ الله صَلّى
اللهُ عَليْهِ وَسَلَّمَ ، يقول: (( والله إنِّي لأَسْتَغْفِرُ الله وأَتُوبُ إِلَيْه في
اليَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً )) رواه البخاري (6307).
“Demi Allah,
sesungguhnya aku benar-benar memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya
lebih dari tujuh puluh kali dalam setiap harinya.”
(HR. Bukhori)
1. Bolehnya
bersumpah atas sesuatau yang memberikan penekanan, walaupun tanpa itu sudah
meyakinkan orang.
2. Perintah
bagi semua umat untuk bertaubat dan memohan ampunan atas dosa-dosa yang telah
ia perbuat, sebagai contoh Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam
seseorang yang mulia yang telah di jamin mendapatkan ampunan dari apa yang
telah maupun yang akan di perbuat, rosululloh tetap bertaubat dan memohon ampun
kepada Alloh.
3. Memperbanyak
bertaubat dan memohon ampun kepada Alloh, sebab seorang hamba tidak terlepas
dari kesalahan dan dosa.
وعن أبي هُريرةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلّى
اللهُ عَليْهِ وَسَلَّمَ: (( مَنْ تَابَ قَبْلَ أنْ
تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِها تَابَ اللهُ عَلَيهِ )) رواه مسلم (2703).
“Barangsiapa yang
bertaubat kepada Allah sebelum matahari terbit dari barat (kiamat) niscaya
Allah akan menerima taubatnya.” (HR. Muslim)
Faidah-faidah
hadits:
1. Pintu
taubat senantiasa terbuka sebelum masa dimana saat itu matahari telah terbit
dari tempat terbenamnya.
2. Pintu
taubat akan tertutup apabila matahari sudah terbit dari tempat terbenamnya
3. Senada
dengan hal ini pintu taubat akan senantiasa terbuka sebelum nyawa tinggal di
kerongkongan (naza’).
4. Taubat
tidak diterima disaat-saat tidak ada harapan lagi untuk bertahan hidup.
Materi Terkait:
1 komentar:
Write komentarMasukkan komentar Anda...memang perayaan zaman dulu syirik
ReplyEmoticonEmoticon